Skip to main content

Kesuksesan Crowdfunding Dimulai Dari Sebuah Email

Kami Menjawab
Mengapa harus memasarkan kampanye crowdfunding-ku?

Bagaimana memanfaatkan pemasaran email untuk menarik perhatian penyokong potensial?

Bagaimana cara merencanakan email kampanye pemasaran yang efektif?

Misalnya kamu sudah siap meluncurkan kampanye crowdfunding (penggalangan via internet). Bagaimana cara menyebarkan beritanya pada banyak orang?

Ini tak semudah yang kamu kira. Website crowdfunding memuat ribuan kampanye yang bersaing untuk mendapatkan penyokong. Meskipun ide atau produkmu sangat hebat, perlu kerja keras agar bisa menarik perhatian.

Bukankah tujuan memasukkan proyek ke website crowdfunding adalah untuk menarik perhatian penyokong? Betul, tapi saat ini bahkan ide terbaik pun perlu rencana pemasaran agar sukses.

Ada banyak strategi pemasaran, saluran, dan sistem pemasaran yang bisa dipilih.

Mana strategi paling efektif untuk menarik penyokong bagi kampanye crowdfunding-mu?

Mari kita cari tahu
Strategi pemasaran yang paling efektif adalah?

1. Mengirim Email ke daftar kontakmu.
2. Menampilkan link proyek di akun sosial mediamu.
3. Memasang papan iklan di jalan raya.

Kampanye email adalah cara paling efektif untuk menarik perhatian penyokong.
Pemasaran email 34% lebih efektif menjangkau dibandingkan cara lain untuk sistem Crowdfunding
[Penggalangan via internet].

Crowdfunding bukan sekedar membangun pengenalan akan merekmu atau mendapatkan follower, tapi untuk meraih momentum dan menarik perhatian penyokong dengan cepat.

Kampanye yang berhasil mengumpulkan 30%- 50% atau lebih dari dana yang dibutuhkan dalam 48 jam akan mendapatkan dana 47% lebih besar di website Indiegogo (platform sistem crowdfunding). Karena itu, perencanaanmu harus difokuskan pada hari peluncuran.

Dengan waktu terbatas untuk mencapai tujuanmu, memakai taktik menjangkau sebanyak mungkin orang tak akan efektif. Sedangkan email memberimu kesempatan berkomunikasi langsung dengan target pelangganmu.

Umumnya orang menghabiskan waktu lebih lama membaca email dibanding tweet atau posting, karena diangap sebagai bentuk komunikasi yang lebih serius. Ini memberimu kesempatan untuk menjelaskan idemu secara mendetail dan dengan menjadi penyokong dana bisa menguntungkan mereka.

Tapi, bagaimana mencari orang untuk dikontak? Daftar kontak email terbaik terdiri dari pelanggan yang punya hubungan baik denganmu dalam waktu yang lama.

Mulai dengan email pada orang terdekat seperti keluarga dan teman, Kirimkan pesan bersifat personal dengan ajakan yang jelas, yang akan membawa mereka ke halaman kampanyemu.

Lanjutkan mengirim email ke kelompok yang lebih luas seperti rekan kerja dan kenalan bisnis. Setelah mendapat dukungan dari dua kelompok tadi, lanjutkan ke kenalan lain seperti alumni sekolahmu dulu.

Kamu bisa mengembangkan daftar email dengan menghadiri atau mengadakan acara. Menjalin hubungan dengan komunitas adalah langkah awal bagi kampanye-kampanye yang berhasil.

Manfaatkan keberadaanmu di depan masyarakat umum. Buat ajakan di saluran pribadi maupun sosial, yang akan mendorong calon penyokong untuk berlangganan emailmu dan terlibat lebih awal.

Siap mengirim email? Tunggu dulu. Orang mendapat banyak email dalam sehari, mulai dari tentang bisnis atau hiburan, ada banyak yang tak dibuka ada yang masuk folder spam.

Bagian tersulit dari pemasaran email adalah membuat orang membuka email yang kamu kirim. Jadi sebelum memikirkan isi email, buat dulu subyek/judul email yang efektif.

Subyek/judul email yang baik harus langsung ke tujuan, tapi juga menggambarkan kisah dibalik idemu.

Pastikan subyek email tidak terlalu umum, buat lebih personal, dan buat bersifat segera.
Ayo lihat contohnya:

Subyek email:
"Baju Mungil: Pilihan Berkualitas untuk Anak, Diskon higgga 60% untuk Waktu Terbatas"
Subyek email ini baik karena langsung menyampaikan kisah produk (baju anak) dan bersifat segera.

"MASKARA ANTI LUNTUR: AYO BUKTIKAN"
Subyek email ini kurang tepat karena terlalu umum. (Kalimat " Ayo buktikan" sudah sering digunakan dalam pemasaran email). 
Menuliskan subyek email dengan huruf besar semua juga kurang tepat.

"Sistem Pemurni Air Tinta: Dapatkan Diskon Hari Ini"
Subyek ini baik karena memberi kesempatan bagi penyokong potensial untuk segera melakukan aksi.

"Pesan dari Jeans Bordir: Bantu Aku"
Subyek email ini kurang baik karena kesannya Jeans Bordir meminta-minta.

Ingatlah, perlakuan Kontak emailmu sebagai calon pebisnis, bukan pendonor dana."

Kampanye email sebaiknya dimulai seminggu sebelum peluncuran, dan setiap bentuk komunikasi harus dirancang untuk membangun momentum serta menciptakan antisipasi.

Satu minggu sebelum peluncuran: Kirim email untuk mengingatkan pembaca tentang kampanye yang akan diluncurkan, dan bahwa mereka bisa mendapat penawaran atau harga khusus.

Tiga hari sebelum peluncuran: Kirim email lagi berisi detail tentang penawaran khusus dan memberitahu penyokongmu kapan tepatnya waktu peluncuran.

Pada hari peluncuran: Mengirim email pada saat peluncuran membuat orang tahu saat untuk beraksi. Email peluncuran yang baik memiliki ajakan yang meyakinkan dan foto berkualitas tinggi, untuk membuat orang tertarik pada proyekmu.

Email yang dikirimkan lebih awal tak hanya membuat orang penasaran. Dengan memberi penawaran harga berbeda sebelum peluncuran, kamu bisa mengukur reaksi pelanggan dan mendapat perkiraan pasar tentang nilai produkmu.

TIPS
Kalau daftar kontakmu cukup banyak gunakan platform email seperti Mailchimp atau Constant Contact, yang memberimu kesempatan untuk mengirim berbagai variasi email dan meningkatkan peluang emailmu dibaca.

Hari pertama crowdfunding berperan penting untuk kesuksesan kampanye itu. Ini saatnya untuk membangun momentum yang telah kamu ciptakan sebelum peluncuran.

Minggu kedua setelah peluncuran, kirim email pada semua orang yang belum berpartisipasi dan beri tawaran terakhir. Ingatkan bahwa meskipun mereka tak bisa berkontribusi, mereka bisa menunjukkan dukungan dengan menyebarkan informasi tentang proyekmu.

Selama kampanye kamu bisa mengadakan diskon singkat, meningkatkan upaya di media sosial, dan membuat pesan berisi penawaran terakhir.

Setelah kampanye crowdfunding selesai dan produk telah diluncurkan, naikkan harganya sehingga para penyokongmu merasa mendapatkan harga khusus. Yang terpenting, kirim email untuk menyatakan terimakasih, karena mereka adalah pelangganmu di masa depan.

LAKUKAN SEKARANG
Setelah belajar cara membuat rencana pemasaran email untuk kampanye crowdfunding, coba buat contoh subyek email untuk kampanyemu.

Apa nama produkmu?
.......….…..…..….……………

Tawaran apa yang ingin kamu berikan pada calon penyokong?
.......….…..…..….……………

Berapa lama penawaran itu berlangsung?
.......….…..…..….……………

Poin utama
1. Pemasaran email adalah cara yang baik untuk berbicara langsung pada calon penyokong.
2. Penawaran khusus serta keuntungan untuk yang berkontribusi lebih awal adalah insentif menarik bagi para penyokong untuk beraksi dan berkontribusi.
3. Subyek email yang unik dan bersifat segera akan meningkatkan kemungkinan emailmu dibuka dan dibaca.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP NASI GORENG PADANG

Nasi goreng padang punya rasa gurih pedas yang begitu khas rasa Sumatra. Tekstur nasi gorengnya juga lebih kering, karena diolah hanya dengan sedikit minyak. Taburan seledri dan suwiran ayam goreng yang banyak jadi ciri khas yang paling tampak. Bahan-bahan Nasi putih - 1 porsi Ayam suwir rebus - 40 gram Bawang merah, iris-iris tipis - 5 butir Bawang putih, iris-iris tipis - 2 siung Cabai merah keriting, haluskan - 3 buah Cabai merah besar, haluskan - 1 buah Garam - 1/2 sdt Gula pasir - 1/4 sdt Penyedap - 1/4 bubuk Bubuk kari - 1/2 sdt Kecap manis - 2 sdm Seledri, iris - 1 batang Minyak, untuk menumis - secukupnya Pelengkap: Telur ceplok - 1 porsi Irisan timun - secukupnya Kol, iris tipis - 10 gram Kerupuk merah - secukupnya Bawang goreng - secukupnya Langkah Tumis bawang merah dan bawang putih. Tambahkan cabai yang telah dihaluskan, tumis hingga bumbu wangi dan matang. Masukan ayam suwir, lalu tambahkan nasi, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, dan bubuk penyedap. Aduk -aduk nas

RESEP SURABI SOLO

Serabi Solo adalah sebuah makanan ringan yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Solo loh untuk menikmati jajanan yang satu ini 😁 Berikut resep Serabi Solo yang dapat kamu coba di rumah : Bahan : 100 gr tepung beras 1 sdm tepung terigu 350 ml santan kental 25 gr gula pasir 1/2 sdt vanili bubuk 1/2 sdm ragi instan 1/4 sdt Baking soda 1/4 sdm garam Daun pisang dan pandan secukupnya Cara Membuat : 1. Masak santan dengan daun pandan lalu aduk hingga mendidih dan diamkan hingga hangat. Sisakan sedikit bagian santan yang kental ini untuk topping. 2. Campur semua bahan kering dan aduk rata. Lalu tuangi adonan dengan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Kemudian diamkan adonan selama satu jam. 3. Panaskan wajan antilengket. Tuang adonan ke dalam wajan dengan api kecil dan tutup. Saat adonan sudah tampak berlubang bisa dituangi santan kental dan tutup hingga matang. 4. Angkat dan gulung dengan daun pisang agar aromanya makin nikmat. Selamat mencoba di

RESEP NASI GORENG RENDANG

Rendang merupakan sajian terlezat di dunia menurut sebagian besar warganya. Sementara nasi goreng, bisa dikatakan adalah menu sehari-hari kita. Bagaimana kalau keduanya dikombinasikan? Wah, dijamin sukses menggoyang lidah! Lebih praktis pula untuk memasaknya. Bahan-bahan Nasi putih - 600 gram Daging rendang, potong dadu - 2 potong Telur, masak orak-arik - 2 butir Bumbu rendang - 10 sdm Bawang putih, cincang halus - 3 siung Bawang merah, cincang halus - 3 butir Bawang bombay, potong dadu kecil- 1/2 butir Daun bawang, iris kasar - 2 batang Kecap manis - 1 sdm Lada bubuk - 1/2 sdt Minyak, untuk menumis - secukupnya Langkah Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih, merah, dan bombay hingga harum. Masukkan bumbu rendang. Aduk rata. Masukkan nasi, telur orak-arik, dan potongan daging rendang. Aduk rata. Masukkan kecap manis dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan irisan bawang. Aduk rata kembali lalu angkat. Siap disajikan. Tips Bila kurang pedas, bisa ditambahkan irisan cabai rawit de